#NaturePlay 3: Suncatcher

Suncatcher, apa itu?

Beberapa kali menemukan postingan suncatcher ini berseliweran di Instagram feed, ibu cukup penasaran juga pada benda ini karena banyak tutorial craft membuat suncatcher yang juga bisa diaplikasikan untuk ide main bersama anak.

Suncatcher seperti namanya adalah penangkap cahaya. Biasanya dijadikan untuk hiasan rumah karena suncatcher akan meneruskan cahaya warna-warni ke dinding rumah kita saat digantung. Kalau kita browsing di internet, akan bemunculan berbagai bentuk suncatcher yang dijual di marketplace.

Umumnya, suncatcher terbuat dari kaca. Tapi karena ini suncatcher versi do-it-yourself, maka bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana. Selain itu kita juga menggunakan bahan-bahan alam yang alhamdulillah sudah Allah sediakan secara gratis.

Bahan untuk Membuat Suncatcher:

  •           Piring plastik
  •           Bunga dan daun di halaman
  •           Plastik kiloan

Cara membuatnya juga cukup mudah:

  1. Potong bagian tengah piring plastik dengan cutter hingga menyisakan pinggirnya saja. Bentuk akhirnya kira-kira seperti donat.
  2.  Tutup bagian yang bolong dengan plastik hingga tertutup semua. Fungsinya adalah untuk menempelkan bunga dan daun di sana.
  3. Tempel bunga dan daun di sekitar plastik.
  4.  Mainkan deh!

Our pretty suncatcher 😄

Liat video Cia dan Ibu bermain dengan suncatchernya yuk!



Ibu, Ahla & Cia membuat suncatcher untuk mengikuti tema bermain “Matahari” oleh  akun instagram @quranbasedplay. Ide mainnya juga dari postingan yang direpost di sana.

Sebelum bermain, tidak lupa kita membaca dulu ayat Al-Quran yang menceritakan tentang matahari, yaitu surat QS Yasin: 38.

“Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.”

Betapa hebatnya Allah dalam mengatur peredaran matahari dan planet-planet lain. Bayangkan kalau masing-masing tidak memiliki tempat peredaran, maka mereka akan bertabrakan dan alam semesta akan hancur. Wallahu ‘alam.

Setelah itu kita membaca buku bersama tentang Sinar Matahari sehingga Ahla & Cia mendapat pengetahuan tentang manfaat cahaya matahari untuk tubuh kita dan juga untuk makhluk-makhluk Allah lain yang hidup di bumi ini.

Alhamdulillah 'ala kulli hal!


Untuk melihat Ahla & Cia bermain dengan bahan alam yang lain bisa disimak di sini ya:

Ahla & Cia Nature Play Journey


Comments

Popular posts from this blog

#NatureJournal: 1. Banana Tree

Math at The Dining Table

Day-149: Sport Jantung Level 100