DIY Kinetic Sand

Salah satu cara terbaik untuk membuat anak-anak bahagia adalah dengan mengizinkan mereka main sesuatu yang tidak membuat bahagia ibunya, hahaha.

Ahla & Cia suka sekali main pasir kinetik. Tapi ibu tidak kuat dengan ‘damage’ nya. Makanya beberapa kali pasir kinetik itu ibu simpan di tempat yang tidak terjangkau mata dan tangan mereka, hihi. (Jahat ya)

Sampai akhirnya ketemu postingan membuat DIY Pasir Kinetik dari @indonesiamontessori. Bahan-bahannya mudah, dan kebetulan ada di rumah semua. Akhirnya, langsung ajak Ahla & Cia yang bingung kenapa tiba-tiba ibunya kasih izin untuk main pasir lagi. Tapi saat ibu memberitahukan kalau kita akan membuat pasir kinetik sendiri, mereka langsung berbinar-binar dong!

Baiklah…jadi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat pasir kinetik?

  1. Baking Soda
  2. Baking Powder
  3. Sabun Cuci Piring
  4. Pewarna Makanan (Kita nggak pakai)
  5. Mangkok besar

Caranya:

Campur dua sendok baking soda, 1 baking powder dan 1 sendok cuci piring dalam mangkok besar. Aduk dengan sendok sampai bertekstur. Terus tambahkan baking powder jika adonan terlihat basah. untuk yang mau menggunakan pewarna makanan, tinggal kasih 5 tetes pewarna makanan di adonan kalian.

Akhirnya...pasir kinetik buatan kita teksturnya sudah mirip sekali dengan pasir kinetik yang pernah kita beli di pasaran. Bedanya, pasir kinetik kita agak nempel di tangan. Tapi masih cukup nyaman untuk dipegang dan dieksplorasi. Pasirnya juga bisa dimainkan dengan cetakan pasir mainan punya Ahla & Cia dulu.

Our homemad kinetic sand!

Teksturnya di tangan kita

(Ibu) Tarik napas…and let them play...!

Mulai dari main jual-jualan sampai bikin istana, mulai dari titik kecil sampai bulatan pasir yang berceceran di lanatai, yang penting mereka senang dan bahagia :)

Sisanya kita beresin bareng ya nak anak...

Comments

Popular posts from this blog

#NatureJournal: 1. Banana Tree

Math at The Dining Table

Day-149: Sport Jantung Level 100